Home » , , » Kembar Mayang dan Janur

Kembar Mayang dan Janur

Written By Madhe Sedayu on Sunday, September 19, 2010 | 4:26 AM

Kembar Mayang adalah hiasan yang terbuat dari janur, buah-buahan dan bunga yang jumlahnya ada dua. kembar Mayang dipercaya jadi salah satu syarat dari pesta pernikahan adat jawa kususnya Jawa Tengah. Kembar Mayang membawa pertada bahwa bertemunya keluarga baru, asli budaya kembar mayang adalah meniru pesta perkawinan para bangsawan atau penobatan Raja.

Kembar Mayang
Kembar Mayang sudah jadi tradisi yang harus ada setiap ada acara pesta pernikahan, Sejarahnya itu dari cerita legenda Partakrama dulu kala Dewi Supraba mau di jadikan istri oleh Danaraja kalau syaranya terpenuhi, Dewi Supraba minta Kembar Mayang Khayangan yang berupa Klepu Jayadaru Dewadaru. Klepu adalah Kalpataru Pohon Kalpataru dianggap bahwa pohon kehidupan yang mempunyai Kasiat atau Hoki yang baik yang bisa mempengaruhi sekitarnya, maka dari itu pohon ini di impikan oleh Dewi Supraba. Untungnya ada Pandawa yang sanggup meminjam Kembar Mayang tersebut dari Khayangan.

Kembar mayang biasanya ada pada acara Pesta Pernikahan, untuk Tolak bala, Penghormatan pelantikan Pejabat.

Tapi sekarang ini saya sering melihat Kembar Mayang yang terbuat dari plastik, mungkin sekarang tradisi Kembar Mayang sudah hampir di tinggalkan oleh orang yang tidak mau repot memikirkan pembuatan Kembar Mayang yang pembuatantannya cukup lama dan bahan bakunya cukup sulit di dapat, atau kemungkinan karena harga Kembar Mayang sendiri cukup mahal.

Kembar Mayang Kecil

Kembar Mayang
Foto diatas adalah Kembar Mayang yang di buat pada saat pernikahan temen saya di Desa Biting, Purwantoro, Wonogiri.

0 komentar: